Minggu, 25 Maret 2018

Kekerasan Hubungan Anak dan Orang tua




 

TUGAS
26 Maret 2018
Ilmu Sosial Dasar




1.    Dengan banyaknya prilaku anak yang membunuh orang tua maupun yang menyiksa anaknya, bagaimana menurut kalian sebagai anak apabila menemukan atau melihat orang tua melakukan tindakan kekerasan terhadap anaknya.

Jawab : 

Menurut pribadi saya, hal tersebut ,masih diperbolehkan dalam arti batas wajar. Hal yang menurut saya masih dalam batas wajar adalah sekedar menyubit atau menjewer telinga. Hal tersebut dapat membentuk karakter disiplin seorang anak untuk kedepannya. 

Namun, jika melihat kasus orang tua MENYIKSA anaknya hal tersebut sudah lewat batas wajar bahkan bisa dikatakan orang tua tersebut dalam keadaan sakit mental/jiwa. Jika hal tersebut dilakukan dalam kurun waktu yang lama maka akan membuat trauma tersendiri untuk sang anak

Bahkan sang anak pun dapat menjadi orang tua nya yang akan menyiksa anaknya kelak. Mengapa ? karena traumatik yang didapatkan sang anak yang disiksa oleh orang tuanya seolah-olah dia membalaskan dendam penyiksaannya selama ini kepada orang tua nya.

Hal tersebut tentu harus dilaporkan kepada pihak berwenang seperti Komnas HAM dan KPAI. Namun hal tersebut dapat dicegah dari diri kita sendiri bahwasanya seorang anak adalah seorang penerus. Tidak layak seorang anak yang polos di  siksa. Memang namanya seorang anak pasti ada kalanya dia akan melawan orang tua namun hal tersebut harus didampingi dan diarahkan oleh orang tua supaya tidak salah jalur.


2.    Bagaimana perilaku kalian apabila kalian menjadi orang tua apabila menemukan anak yang bandel, hal apa yang sebaiknya kalian lakukan. 

Jawab :

Dalam soal tertulis “Menemukan” artinya hal tersebut bukan merupakan anak kandung.

Jika menemukan anak yang bandel, saya pribadi suka membiarkannya saja jika bandel tersebut masih dalam hal positif. Namun jika bandel tersebut berubah menjadi kejahatan baru hal tersebut memicu perdebatan. Pada hal nya laki laki remaja memang bandel/nakal karena rasa ingin tahu nya yang tinggi dan pergaulan sekitar. 

Jika anak yang bandel itu adalah anak sendiri, saya sebagai orang tua akan memberikan pengarahan yang baik dan akan selalu mendampinginya. Namun jika hal tersebut semakin sulit, saya akan memberi sedikit kekerasan seperti hanya menyubit dan menjewer nya saja. 

Mengapa ? supaya anak tersebut terbentuk karakter disiplinnya. Jika sudah terbentuk karakter disiplin dan mandirinya maka dengan sendirinya dia tidak akan terpengaruh segala hal negatif di lingkungan sekitar dia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar