Senin, 21 Mei 2018

Menghadapi Kemiskinan sebagai Mahasiswa


SOAL

Ilmu Sosial Dasar

6. Apa itu kemiskinan dan bagaimana sikap kita sebagai mahasiswa menyikapi Hal tersebut. Kemiskinan tidak Hanya Dr segi uang tp juga kemiskinan dari segi perilaku dan pendidikan.

Jawab :




         Kita lahir dari rahim ibu kita sudah di tentukan oleh Yang Maha Kuasa, kita tidak dapat memilih ingin berada di rahim ibu kita yang seperti apa. Entah itu kaya, miskin, berkulit hitam, berkulit putih. Kita hanya bisa menerimanya dan menjalaninya dengan penuh syukur. Kita semua tahu seorang tokoh pemilik Alibaba.com. ya, orang itu adalah Jack Ma. Beliau dulunya mengalami kesulitan ekonomi, hingga pernah melamar pekerjaan di KFC namun naasnya beliau tidak diterima. Tak putus asa beliau terus berusaha dan seperti yang kita lihat sekarang beliau menjadi orang kedua terkaya di Cina. Kerja keras merupakan faktor penting menuju kesukses an, Konsisten adalah kunci menuju kesuksesan. Berdoa juga merupakan hal yang tak boleh dilupakan Tak masalah siapa dirimu, entah terlahir dalam keadaan keluarga yang hancur lebur sekalipun, jika kamu mau bekerja keras tidak akan sia-sia apa yang sudah kamu kerjakan. 

            Kemiskinan tidak hanya dari segi ekonomi, contohnya dari perilaku dan pendidikan. Indonesia merupakan salah satunya. Generasi muda sekarang banyak yang miskin perilaku dan pendidikan, contohnya seorang murid yang memukul, melaporkkan hingga memenjarakan bahkan membunuh gurunya. Dulu saya sebagai siswa juga pernah di cubit atau di jewer oleh guru saya, tapi memang saya yang salah karena waktu itu saya bercanda dengan teman sebangku saya saat pelajaran berlangsung. Guru tidak akan mencubit atau menjewer kalian jika kalian tidak memiliki salah. Seharusnya hal itu menjadi renungan bagi kalian untuk memikirkan kesalahan kalian.

            Sekarang jika banyak kasus guru yang diperlakukan seperti itu, mana ada orang yang berakal sehat ingin menjadi guru. Mereka tentu akan mencari aman dan mengambil profesi lain. Bagaimana jika akhirnya tidak ada guru ? generas muda kedepannya akan semakin kacau. Saya juga sering melihat anak Sekolah Dasar yang berkumpul dengan teman-temannya sedang merokok bahka saat kelulusan SD mereka mencoret-coret baju mereka. Memang hal tersebut dicontoh dari mereka yang lebih tua, namun jangan diperlihatkan kepada mereka yang masih muda. Mereka hanya melihat perlakuan dari orang yang lebih tua dan berfikiran seperti “Kakak itu saja boleh, masa saya tidak boleh ?”. 

            Jadi sebagai pembelajaran marilah kita berperilaku semestinya dan jangan melupakan etika dan moral.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar