Senin, 21 Mei 2018

Perbedaan Ilmu Pengetahuan Dan Pengetahuan


SOAL

            Ilmu Sosial Dasar

4. Apa itu ilmu pengetahuan dan apa beda nya dengan pengetahuan berikan contohnya?

Jawab :

1)    Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli :

      • ·         Asle Montagu: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Asle Montagu dalam bukunya the cultured man adalah sebagai pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengalaman, studi dan percobaan yang telah dilakukan dipakai untuk menentukan hakikat prinsip tentang hak yang sedang dipelajari. 

      • ·         V.Afayanev: Menurut V. Afayanev, bahwa pengertian ilmu pengetahuan dalam buknya Marxist Philosophy adlaah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat dan pikiran. 

      • ·         Dadang Ahmad S: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Dadang Ahmad S, adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus hingga dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri. 

      • ·         Mappadjantji Amien: Menurutnya, pengertian ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari pengetahuan, bersumber dari wahyu, hati dan semesta yang memiliki paradigma, objek pengamatan, metode, dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan menemukan diri untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah. 

Jadi Ilmu Pengetahuan menurut penulis adalah sebuah ilmu yang berisi tentang segala hal yang ada di dunia baik dalam bentuk yang ber macam-macam teori, hipotesis, maupun hasil  uji coba.



2)   Menurut Wikipedia Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.

Adapula yang mengatakan Pengetahuan ialah merupakan hasil “tahu” dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu.


Jika di cerna lebih jelas, maka perbedaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan adalah :

      • ·         Pengetahuan adalah ilmu yang didapatkan dari pengalaman dan tidak bersifat universal. Contohnya : Pemikiran orang dulu yang berkata mengoleskan sebuah daun yang dikunyah pada luka akan membuat sembuh. padahal itu belum tentu terbukti. mungkin ada beberapa orang yang berhasil melakukan itu. mungkin itu karena ludahnya atau seberapa parah lukanya.

      • Ilmu Pengetahuan adalah ilmu yang didapatkan dari pengalaman sebelumnya yang sudah turun temurun dan sudah teruji dan bersifat universal. Contoh : Buku Pelajaran, Makalah,Jurnal, dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar