Jumat, 18 Mei 2018

Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda


SOAL 

Ilmu Sosial Dasar

  1.    Apa yang dimaksud dengan Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda dan berikan contohnya.

Jawab :

Sebelum itu apa yang dimaksud dengan Generasi Muda ?. Generasi penerus perjuangan bangsa dan sumber daya insani bagi pembangunan nasional. Untuk itu generasi muda perlu mendapatkan perhatian khusus dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang.

Menurut saya pribadi, Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda adalah suatu cara untuk memberikan suatu pendidikan kepada generasi muda untuk mengembangkan secara luas pola pikir mereka.

Contoh dari Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda adalah 

1.    Organisasi

Organisasi dalam masyarakat seperti Karang Taruna di masyarakat, OSIS di SMA, atau BEM di universitas dapat menjadi pendidikan yang sangat baik untuk generasi muda. Contohnya dalam bermasyarakat, bermusyawarah dan berpola pikir.

2.    Keluarga

Keluarga juga memiliki faktor yang penting untuk membina generasi muda, contohnya dari orang tua yang memberi tahu anaknya mana yang benar dan salah. Selain itu keluarga merupakan tempat terdekat untuk memberikan binaan.

3.    Sekolah/Universitas

Siswa/Mahasiswa juga diberi arahan bimbingan oleh guru bimbingan konseling dalam hal bermasyarakat yang baik dilingkungan sekolah. Peran tersebut sangat penting guna membangun karakter dan santun anak untuk masa depannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar